• Kamis, 28 September 2023

Pertolongan Pertama yang Dilakukan Bila Terkena Sengatan Ubur - Ubur Bluebottle

- Jumat, 15 September 2023 | 12:12 WIB
Pertolongan pertama bila terkena sengatan Ubur Ubur Bluebottle (Apollo Daton )
Pertolongan pertama bila terkena sengatan Ubur Ubur Bluebottle (Apollo Daton )

DENPASAR, POS BALI Pertolongan pertama yang dilakukan bila seseorang terkena bisa Ubur Ubur Bluebottle. Dalam sepekan terakhir ditemukan kemuculan Ubur-Ubur Blue Bottle di sejumlah pantai di kawasan wisata Sanur.

Walau Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar menyebut sebagai Ubur Ubur Bluebotle fenomena tahun, namun para pengunjung dan wisatawan diminta untuk selalu waspada bila berenang atau mandi di Pantai Sanur.

Bila kulit tersentuh Ubur-Ubur Blue Bottle menimbulkan gatal, iritasi bahkan sakit yang hebat. Sengatan ubur-ubur Blue Bottle ini mengakibatkan bilur merah disertai pembengkakan, nyeri sedang hingga parah.

Baca Juga: OMG!!! Oknum Penyuluh KB di Buleleng Ditangkap BNNP Bali, Bawa Paket Narkotika Seberat Hampir 7 Kilogram

Reaksi alergi yang parah dapat mengganggu fungsi jantung dan pernapasan, sehingga harus segera dilakukan pertolongan medis profesional.

Pertolongan Pertama dilakukan jika terkena sengatan ubur-ubur bluebottle

  1. Melepaskan tentakel dengan hati-hati menggunakan atau sarung tangan untuk menghindari penyebaran bisanya. Jika tak punya sarung tangan, gunakan benda yang dapat melindungi kulit dari kontak langsung ketika melepas
  2. Hindari menggosok area kulit yang tersengat untuk mencegah proses penyebaran bisa ke area permukaan kulit lain yang tidak terkena sengatan.
  3. Bilas area kulit yang tersengat dengan menyemprotkan air laut dalam jumlah yang banyak. Jangan menggunakan air tawar karena akan mengakibatkan nematosit (alat sengat yang mampu mengeluarkan racun).
  4. Semprotkan cuka putih pada area kulit yang tersengat selama kurang dari 30 detik untuk menetralisir sisa nematosit yang tidak terlihat dan menstabilkan nematosit yang belum menyengat.
  5. Rendam area kulit yang tersengat dalam air panas (tidak lebih dari 45 °C) selama 30-90 menit untuk menutupi rasa nyeri dan membatu mendenaturasi bisa.

Baca Juga: Ubur-ubur Bluebottle Muncul di Pantai Sanur, Pengunjung Diimbau Lebih Waspada

Sebelumnya, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Kamis (14/9).Mayun Suryawangsa menjelaskan, muncul ubur-ubur Bluebottle ini merupakan fenomena tahunan.

Ia menyebut, pada kisaran bulan Juli hingga September, angin berembus kencang. Sehingga ubur-ubur ini yang biasanya berada di laut dalam dibawa angin menuju tepi pantai. "Ini merupakan fenomena alam, di mana dengan angin kencang ubur-ubur jenis ini dibawa ke tepi pantai," ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya telah menggandeng nelayan di kawasan Sanur serta penjaga pantai untuk bersama bersinergi mengawasi keberadaan ubur-ubur Bluebottle ini. Jika ditemukan di kawasan pantai, maka dapat langsung dibersihkan (*)

 

Editor: Agustinus Apollonaris KD

Sumber: Pos Bali

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngrombo, Ini Jumlah Penduduk Miskin di Bali

Rabu, 27 September 2023 | 20:25 WIB
X